Mungkin ini yang namanya karma. Waktu dulu jaman SMP, saya nggak suka banget sama pelajaran PKK. Yah, suka sih, tapi cuma karena saat jam pelajaran PKK biasanya cenderung lebih ‘bebas’ dan ‘nggak perlu mikir’. Tapi disuruh masak, jahit, tempel-tempel, pekerjaan tangan, menghafal jumlah kalori dan kandungan gizi dari bahan-bahan makanan, dan seterusnya,  dan seterusnya, iiih, maless..

Saking malesnya, pernah suatu kali saya “membelot” ke kelas sebelah yang kebetulan sedang pelajaran menggambar sementara gurunya sedang rapat. Yang kemudian berakhir di ruang kepala sekolah, karena ketahuan sama si ibu guru PKK. I hope none of my students will read this, haha..

Waktu kuliah mengambil jurusan kriya tekstil di fakultas seni rupa dan desain, seharusnya saya sadar karma itu mulai terjadi. Kriya gitu loh, berhubungan banget sama pekerjaan tangan. Tapi saya masih mengikuti alur kehidupan saya aja tanpa teringat ketidaksukaan jaman SMP dulu.

Sampai ketika alur kehidupan itu juga yang membawa saya jadi guru TK dan kemudian fokus mengajar memasak dan art and craft untuk anak usia pra sekolah sampai SD (sekarang bisa lihat hubungannya kan, kenapa nama blognya missines?). Dan anehnya, semua berjalan begitu saja dan sangat saya nikmati… Haha, turned out karma can be funny too.

Tuntutan perkerjaan ditambah seorang anak laki di rumah yang luar biasa aktif dan kreatif yang selalu ‘haus’ membuat gambar ataupun mainan kreasinya sendiri dari kotak-kotak bekas, krayon, selotip dan spidol, mengharuskan saya terus mencari aktivitas-aktivitas kerajinan tangan yang menarik. Sebagian saya dapat dari buku, sebagian dari googling dan sebagian adalah modifikasi dari apa yang pernah saya lihat, atau bahkan pure ide sendiri.

Di lain sisi, mengajar di sekolah mengharuskan saya untuk membuat program dan tujuan pembelajaran, supaya pelajaran memasak dan art and craft itu tidak hanya sekedar mengajarkan keterampilan, tapi juga bisa sekaligus mengintegrasikan ilmu pengetahuan lain yang berhubungan dengan karya yang dibuat. Menurut saya ini salah satu cara belajar yang sangat menyenangkan buat anak-anak.

Karena itu di blog ini saya ingin bercerita, membagi ilmu, ide, terutama tentang art and craft, yang semoga bisa berkembang jadi ide kreatif lainnya untuk semua orang tua dan anak. Karena saya percaya bahwa kreatifitas itu bisa diterapkan dan berguna di semua bidang kehidupan…

Enjoy!

Miss Ines